sigap-logo

Tips 9 Kunci Praktis Bangun Super Team

SIGAPTIPS Jakarta – Apakah Anda pernah berharap bahwa Anda memiliki team yang SUPER TEAM di kantor anda ?

Pastinya sudah tentu kita berharap memiliki team yang SUPER TEAM dikantor kita, untuk menambah dan meningkatkan omzet dan profit perusahaan bahkan menjalankan bisnis kita mejadi “Fun” menyenangkan. Tapi memang tidak mudah seperti yang kita bayangkan, harus ada cara atau langkah yang mesti kita lakukan untuk membangun team menjadi SUPER TEAM.

Yohanes G Pauly adalah CEO Gratyo, beliau merupakan coach bisnis yang sudah berskala internasional dalam memberikan coaching di berbagai bidang bisnis kepada pelaku usaha, mulai dari pemilik usaha sampai dengan kalangan profesional. Berikut 9 (sembilan) langkah untuk membangun team menjadi SUPER TEAM :

1. Passionate Leadership

Langkah pertama untuk membangun SUPER TEAM disuatu perusahaan harus mempunyai seorang pemimpin yang dapat memimpin team nya dengan baik dan benar. Mampu memimpin dan menginspirasi semua karyawannya untuk mencapai tujuan dan juga hasil akhir yang baik. Seorang pemimpin mesti memilki Leadership Skill, Communication Skill dan Passion.

2. Common Purpose & Theme

Kemudian, kita harus memiliki tujuan umum dan tema untuk dapat meraih hasil yang terbaik menjadikan team lebih SUPER TEAM. Sebuah perusahaan harus memiliki visi, misi dan culture. sebagai contoh sebuah tema yang kita bisa dapat ambil diperusahaan besar dibidang otomotif yaitu Honda. Honda memiliki tema “One Heart” atau Unilever yaitu memiliki tema “Get More Out of Life”.

3. Right People, Right Place & Right Time

Right People, Right Place & Right Time artinya kita harus mengetahui dengan benar dan detail orang yang akan gabung dengan team kita dan juga kita harus tahu cara bagaimana kita harus merekrut seseorang dalam team kita. Kapan waktunya dan dimana kita menempatkan posisi orang tersebut dalam team kita. Agar kita tidak salah dalam menempatkan atau memposisikan orang tersebut. Kita bisa dapat menggunakan pendekatan dengan menggunakan tools yang dipakai oleh Gratyo dalam membaca karakter dan perilaku seseorang yaitu dengan metode DISC (Dominance, Influence, Steadiness dan Compliance).

4. Induction & Training

Kemudian, untuk membangun sebuah team menjadi SUPER TEAM, sebuah perusahaan harus menyiapkan team nya untuk dapat memberikan induksi atau training kepada teamnya baik kemampuan soft skill ataupun hard skill. Soft Skills contoh Leadership, Managerial Skills, coaching & conseling Skills, dan Motivation & Team Building Skil. Hard Skills contohya Marketing, Sales, dan Divisional Skills : System Flow, SOP dan lain sebagainya.

5. Cohesion

Cohesion artinya membangun situasi didalam team untuk membentuk team bergabung menjadi satu. Contohnya dengan adanya kegiatan Morning Briefing atau Sharing of the Week. Kemudian bisa juga dilakukan atau diterapkan kegiatan makan bareng bersama team disuatu tempat makan diluar kantor dijadwalkan satu hari dalam seminggu ada waktu khusus untuk itu.

6. To Achieve List

Apa artinya To Achieve List yaitu bagaimana cara team bisa berkumpul bersama untuk membuat rencana daftar target pencampaian terbaik. Salah satu nya kita memiliki kegiatan Weekly Marketing, Sales Meeting dan Weekly Production Meeting.

7. Rules of the Game

Selanjutnya, Rules of the Game yaitu adanya Rules/kebijakan atau ketentuan yang membuat team dapat menjadi Happy “senang” dalam menjalankan pekerjaannya. Sebagai contoh ketentuan umum dalam suatu perusahaan yaitu adanya kompensasi dan benefit : Job grading & Salary structure. Kemudian, Promosi/Demosi/Cross Management Rules dan Annual Bonus Rules.

8. Inter-Personal Alignment.

Inter-Personal Alignment yaitu bagaimana mereka memahami sebagai manusia, sehingga mereka dapat tampil secara individu atau bersama sebagai sebuah team. Idealnya dalam menjalankan Inter-Personal Alignment dilakukan setiap triwulan dengan melaporkan secara langsung. Contohnya carilah tiga hal apa saja yang menurut anda perlu ditingkatkan dari tim kita, sehingga kita bisa lebih senang bekerja bersama.

9. Performance & Development Plan

Langkah terakhir atau step kesembilan untuk dapat menjadi SUPER TEAM adalah Performance & Development Plan yaitu bagaimana menyelaraskan team dan mengerti aspirasi mereka dan bagaimana kita dapat memiliki rencana untuk mengembangkan team kita, sehingga mereka “happy” untuk  terus tumbuh dan berkembang bersama. Idealnya dalam melakukan Performance dan Development Plan dilakukan setiap periode semester (enam bulanan).

Demikian kami sampaikan penjelasan sederhana dari kami, bagaimana kita bisa memiliki team yang SUPER TEAM. Kesimpulannya adalah jika anda ingin memiliki team yang SUPER TEAM maka 9 (sembilan) langkah tersebut bisa menjadi kunci sukses dalam membangun team kita menjadi SUPER TEAM. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi :

– Yohanes G Pauly, Materi Training Seminar 9 Kunci Praktis Bangun Super Team.

[T.I]

Share :